berita Vahitra Arkara, Pre-Kompetisi JYC Menuju Eropa - Jakarta Youth Choir

Vahitra Arkara, Pre-Kompetisi JYC Menuju Eropa

2 bulan yang lalu

    Setelah penantian dua tahun, JYC kembali mengadakan konser paduan suara yang dapat dihadiri secara langsung. Vahitra Arkara, sebuah konser pre kompetisi yang diadakan pada 18 Juni 2022 di Usmar Ismail Hall, Jakarta Selatan. Tak disangka, 400 tiket terjual habis hanya dalam kurun waktu 2 hari.


    Vahitra Arkara didedikasikan untuk para penikmat paduan suara, yang rindu menikmati penampilan nyanyian indah. Vahitra dalam bahasa Sansekerta adalah sebuah kapal besar yang berlayar, untuk jarak yang jauh dan waktu yang lama. Arkara dalam bahasa Sansekerta artinya Menyala. Filosofi ini menggambarkan, dengan semangat yang menyala, JYC siap berlayar membawa nama Indonesia, untuk kembali mengharumkan nama bangsa, menoreh prestasi dan membawa sukacita. 


    Konser ini dipersiapkan untuk kompetisi "The 42nd Chorus Inside Spain Festival" dan "The 1st International Choir Competition in Provence" yang dilaksanakan pada bulan Juli 2022. Melihat antusiasme penonton yang cukup tinggi, Ar Rachman Abdu'a selaku Project Officer dari penyelenggaraan acara ini turut senang dan bangga.

    "Kesan yang aku dapat setelah konser Vahitra ini berlangsung, sesuai dengan ekspektasi. Banyak ucap syukur karena konser berjalan dengan lancar dan sesuai perencanaan. Team yang terlibat juga sangat diandalkan. Penonton yang datang untuk menonton konser pun sangat meriah, mungkin dikarenakan setelah pandemi, kali pertama inilah JYC kembali menyelenggarakan konser secara luring kembali. Antusias yang diberikan penonton membuat chorister pun menyanyi sepenuh hati dan dapat menyampaikan pesan dari seluruh lagu yang dibawakan.", tuturnya.


    Konser ini berlangsung selama 1,5 jam, di mana acaranya terbagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, Chorister membawakan lagu O'Magnum Mysterium, Ave Maria, Fajar & Senja II, Gayatri, dan Benggong. Dilanjut dengan sesi kedua, Chorister membawakan lagu-lagu folklore yaitu Paris Barantai, Lisoi, Yamko Rambe Yamko, dan Tardigadingdangdo. Sesi ini diakhiri dengan lagu Soleram, di mana lagu ini juga sekaligus ingin menyatakan rasa sayang dan syukur kepada Alm. Rangga Kusumanegara. Acara dilanjutkan dengan pemberian bunga kepada pihak-pihak terkait yang turut membantu keberlangsungan konser ini.


    Konser ditutup dengan penampilan lagu Indonesia, dengan harapan ke depannya JYC senantiasa mengharumkan nama Indonesia, melalui prestasi yang akan diraih. 


    Tak lupa kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemprov DKI Jakarta, Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Septo Adi Kristanto Simanjuntak selaku Choirmaster, teman-teman Chorister dan panitia yang telah mensukseskan acara ini.


(Nanda)