berita JYC Meraih Gold Medal Kategori Folklore Di Festival Paduan Suara Gerejawi X HKBP Pasar Rebo Tahun 2019 - Jakarta Youth Choir

JYC Meraih Gold Medal Kategori Folklore Di Festival Paduan Suara Gerejawi X HKBP Pasar Rebo Tahun 2019

8 bulan yang lalu

JYC meraih Gold Medal kategori Folklore di Festival Paduan Suara Gerejawi (FPSG) X HKBP Pasar Rebo Tahun 2019. Kompetisi ini berlangsung pada tanggal 1 dan 2 November 2019 yang bertempat di Aula Simfonia Jakarta, gedung konser dengan akustik terbaik di Indonesia.

FPSG X HKBP Pasar Rebo 2019 mengusung tema “Amazing Grace”, celebrating Two Decades of Choral Festival. Adapun Dewan Juri pada kompetisi ini adalah Arwin Tan, Budi Susanto Yohanes, Agustinus Bambang Jusana, Ester  Gunawan Nasrani, Yoseph Suryadi, dan Sonia Simanjuntak.

Kategori yang dibuka terbagi atas dua kelompok, Kelompok Gerejawi, yang terdiri dari Paduan Suara Campuran Gerejawi (Mixed Choir), Paduan Suara Anak (Children Choir), dan Paduan Suara Sejenis (Equal Voices), selanjutnya Kelompok Umum yang terdiri dari Paduan Suara Lagu Rakyat (Foklore Choir).

JYC bergabung ke dalam kategori Paduan Suara Lagu Rakyat (Foklore Choir), bersama dengan 14 Kelompok Paduan Suara lainnya, diantaranya HKBP Suprapto, Gereja Katolik Santo Bartolmeus Paroki Taman Galaxy, HKBP Rawamangun, Universitas Tarumanegara, Universitas Darma Persada, SMA Kristen Penabur Kota Wisata, Jakarta Youth Choir, Apostolos, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Bhayangkara, Alumni PSM Universitas Diponegoro, Universitas Pasundan Bandung, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Voice of Angel, dan Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor.

Pada kompetisi ini ada rangkaian babak penyisihan yang hanya berlaku untuk Paduan Suara Gereja saja, sedangkan Paduan Suara Umum langsung melaju di babak Final.

JYC mengirimkan 36 choristers yang dibina oleh choirmaster Septo Adi Kristanto Simanjuntak, sebagai rangkaian dari Pra-Kompetisi menuju The XIV Warsaw Choir Festival "VARSOVIA CANTAT" di Polandia, The 27th International Choir Festival and Competition "Cantate Domino" 2019 di Lithuania, sebagai ajang gladi resik di Indonesia.

“Cukup menarik, karena ini pertama kalinya JYC mengikuti kompetisi yang berkesinambungan. Para choristers sudah komitmen dari awal untuk mengikuti kompetisi di HKBP terlebih dahulu sebelum berangkat kompetisi Eropa.” Ucap Aga selaku PIC Kompetisi

Pada kesempatan ini, JYC menyanyikan lagu Tardigadingdangdo arr. Budi Susanto Yohanes dan  Benggong arr. Budi Susanto Yohanes. Menariknya, kompetisi ini menghadirkan Budi Susanto Yohanes sebagai salah satu dari dewan juri.

“Kita mau tahu sejauh mana progress latihan kita, sudah siap atau belum, apa yang perlu dievaluasi lagi, so far senang untuk ikut kompetisi ini.” Tambah Aga

Tujuan mengikuti kompetisi ini disamping untuk kebutuhan pemasukan operasional di kompetisi Eropa, kegiatan ini juga difungsikan untuk gladi bersih disamping sudah terselenggaranya Konser yang dilaksanakan.

Aga selaku PIC Kompetisi membagikan suka dukanya menghadapi kompetisi, “JYC merupakan paduan suara dengan berbagai macam latar belakang choristers-nya yang diantaranya perbedaan urusan pendidikan dan pekerjaan, tantangannya adalah pengaturan waktu pada masa pelatihan hingga hari pelaksanaan. Walaupun begitu kompetisi ini tetap seru!”.