berita Jakarta Youth Choir Meraih Medali Emas Kategori Foklore Pada Penabur International Choir Festival (PICF) 2017 - Jakarta Youth Choir

Jakarta Youth Choir Meraih Medali Emas Kategori Foklore Pada Penabur International Choir Festival (PICF) 2017

6 tahun yang lalu

Jakarta Youth Choir (JYC) berhasil meraih medali emas pada kategori foklore di ajang PENABUR International Choir Festival (PICF) 2017. Pada kesempatan ini, JYC diwakili oleh 19 penyanyi laki-laki dan 19 orang penyanyi perempuan menampilkan lagu Bungong Jeumpa arr. Benjamin Franklin Manumpil dengan konduktor kebanggaan Septo Adi Kristanto Simanjuntak.

 

PIFC atau disebut juga Festival Paduan Suara (FESPAS) PENABUR, adalah ajang dua tahunan festival paduan suara sekolah yang diselenggarakan Badan Pendidikan Kristen (BPK) PENABUR.

 

PICF adalah acara kompetisi yang dibalut dalam suasana festival sehingga kegiatan ini merupakan momentum unjuk prestasi tim paduan suara dan bidang musik. PICF 2017 dengan mengusung tema "Berpadu suara, bersatu hati, membangun karakter anak negeri” ini adalah kali ketiga sejak penyelenggaraan pertama di tahun 2013, yang dilaksanakan pada 5-9 September 2017 di tiga lokasi penyelenggaraan, Sekolah Penabur International Kelapa Gading Jakarta Utara, GKI Kayu Putih di Jakarta Timur, dan Kompleks Penabur Harapan Indah di Bekasi.

 

Ada delapan kategori yang diperlombakan pada PICF 2017, diantaranya Kindergarten, Primary School, Junior High School, Senior High School, sedangkan kategori umum yaitu Mixed Youth Choir, Folklore, Gospel & Spiritual, dan Musica Sacra.yang diikuti oleh 131 kelompok paduan suara dengan total 4.923 peserta dari 16 provinsi yang ada di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Lampung, Bengkulu, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur serta paduan suara asal manca negara diantaranya Malaysia dan Filipina.

Dewan juri PICF 2017 terdiri atas Ivan Yohan, Joseph Kristanto dan Roynaldo H. Saragih (Konduktor pemenang PICF 2015) dari Indonesia. Juri Iain dari mancanegara adalah Albert Tay (Singapura), Dang Chau Anh (Vietnam), Dennis Gregory A Sugarol (Filipina), Jänis Liepiog (Latvia), Mark O Leary (Australia), Paul Smith (UK), dan Susanna Saw (Malaysia).

PICF 2017 yang diselenggarakan oleh BPK PENABUR Jakarta bekerjasama dengan Bandung Choral Society (BCS) didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Acara ini bergengsi, layak menjadi barometer bagi penyelenggaraan paduan suara sekolah.