berita Audiensi Bersama Gubernur DKI Jakarta - Jakarta Youth Choir

Audiensi Bersama Gubernur DKI Jakarta

5 tahun yang lalu

Dari tahun ke tahun, prestasi demi prestasi yang ditorehkan oleh Jakarta Youth Choir tidak lepas dari peran dukungan Pemerintah. Hal ini dikarenakan Jakarta Youth Choir adalah organisasi kepemudaan binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta. Tentunya kolaborasi dan dukungan Pemerintah sebagai pihak eksternal sangat berarti dan besar bagi kemajuan organisasi.

Setelah beberapa kali mengikuti kompetisi dan mengharumkan nama DKI Jakarta dan Indonesia di kancah Intenasional, beberapa orang perwakilan JYC melakukan audiensi bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. Audiensi ini dilakukan pada bulan Desember 2018, setelah Rombongan JYC mengikuti beberapa kompetisi dan event internasional di berbagai Negara di tahun yang sama.

Pada tahun 2018, JYC telah berprestasi ikut serta dalam The 12th Oriental Choir Competition International di Singapura; Joy Dancing Beijing Festival di Tiongkok; dan Chorus Inside Advent International Choir Competition di Roma, Italia.

JYC meraih Gold Medal pada dua kategori sekaligus pada The 12th Orientale Concentus International Choral Festival, Foklore Category dan Open Mixed Category.

Selanjutnya kita ketahui bersama bahwa JYC menjadi satu-satunya paduan suara dari Indonesia bahkan Asia yang mengikuti Chorus Inside Advent International Choir Competition. Adapun kompetitor lain berasal dari Amerika Serikat, Italia, Kroasia, Perancis, Rusia, Romania dan Ghana. Kompetisi tersebut adalah pengalaman pertama untuk para choristers JYC berkompetisi di Eropa pada musim dingin. Pada kompetisi ini, Jakarta Youth Choir berjaya dan berhasil meraih lima penghargaan di Festival Internazionale Kompetisi Chorus Inside Advent Roma 2018 yang diselenggarakan di Italia pada tanggal 1 sampai dengan 3 Desember 2018.

JYC berhasil juara di semua kategori yaitu, Kategori A (Tradizionale Muzic), Kategori B (Folklore) dan Kategori C (Sacred/Polyphonia). Prestasi membanggakan bahwa JYC mendapatkan special jury award dengan raihan "The Best Coreography" dan "The Best Conductor" atas nama Septo Adi Kristanto Simanjuntak. Hal tersebut yang menjadikan JYC berhasil mendapatkan nilai sempurna dari dewan juri yang menjadi kali pertama dari 34 penyelenggaraan kompetisi tersebut. JYC dinobatkan sebagai Grand Prix Winner of The Year.

Pada Audiensi ini Anies mengaku bangga dan mengapresiasi prestasi yang berhasil diraih JYC. Anies optimis bahwa JYC dapat terus menuai prestasi-prestasi lain berskala internasional di waktu mendatang sehingga mampu semakin mengharumkan nama Jakarta serta Indonesia.

"Seluruh delegasi JYC telah memukau dunia, kami akan terus mendukung JYC untuk meraih puncak-puncak baru. Semoga JYC terus menjadi tamu yang memesona di negeri orang dan tuan rumah yang hebat di negeri sendiri," tuturnya

Audiensi merupakan langkah JYC untuk memperoleh dukungan Pemerintah dalam program kerja yang disusun oleh pengurus. Biasanya dalam audiensi tersebut berisi pemaparan program kerja dan Laporan pertanggung jawaban acara atau kompetisi yang dibiayai oleh Pemerintah. Audiensi ini sangat penting karena sebagai salah satu bentuk pembuktian atau serah terima atas prestasi yang telah di capai oleh JYC.

“Kami berharap dengan adanya audiensi ini, pemerintah lebih mengetahui apabila JYC memiliki potensi untuk membawa nama harus kota Jakarta dan Negara Indonesia.” Tutur Awan selaku Ketua JYC 2017-2019. (cah)

#