berita Di Masa Pandemi, JYC Berhasil Meraih Juara Grand Prix Di The International Choral Competition Christmas Inside - Rome (Virtual Edition)! - Jakarta Youth Choir

Di Masa Pandemi, JYC Berhasil Meraih Juara Grand Prix Di The International Choral Competition Christmas Inside - Rome (Virtual Edition)!

9 bulan yang lalu

Masa pandemi ini mengubah tatanan kehidupan, begitu pula dengan Jakarta Youth Choir (JYC) mulai dari sistem latihan hingga rencana-rencana yang tertunda. Namun dibalik itu semua, JYC masih dapat produktif dan berprestasi mengikuti ajang "The International Choral Competition Christmas Inside - Rome (Virtual Edition)" dengan meraih GRAND PRIX WINNER. Adapun rincian prestasi sebagai berikut:

1. The Best Performance of Western European Sacred Music

2. Category Winner of Tradizional Music

3. Category Winner of Choreographic Folklore

4. Category Winner of Polyphonic Music Male Choir

5. Category Winner of Pop-Modern-World Fussion

6. The 1st Runner Up of Polyphonic Music Youth Choir & Ensamble

7. The 2nd Runner Up of Polyphonic Music Mixed Choir & Ensamble

Adapun lagu yang dibawakan oleh JYC adalah sebagai berikut:

Tradizional Music dengan Categoria A5 (Youth Choir & Ensembles) yaitu Bungong Jeumpa – Orientale, Paris Barantai – Varsovia, dan Yamko Rambe Yamko – Orientale; Choreographic Folklore dengan Categoria B5 (Youth Choir & Ensembles) yaitu Paris Barantai – Varsovia, Benggong – Lithuania, dan Tardigadingdangdo – Varsovia; Polyphonic Music dengan Categoria C1 (Mixed Choir & Ensembles) yaitu Cantate Domino - Lithuania, Monteverdi, Quel Augelline Che Canta - Lithuania (Blue Clothes), dan Cantate Domino - Lithuania, Miskinis (Mixed All); Polyphonic Music dengan Categoria C2 (Male Choir & Ensembles) yaitu Beati Mortui - Varsovia (Competition), Pulo Samosir – Varsovia, dan Magnificat – Varsovia; Polyphonic Music dengan Categoria C5 (Youth Choir & Ensembles) yaitu Gaur Akellare – Varsovia, Alleluia - Varsovia Closing, dan Gloria Patri – Varsovia; serta  Pop-Modern-World Fussion dengan Categoria E 5 yaitu Never Enough - Noi Siamo Amore, Sempurna - Noi Siamo Amore, dan Fajar dan Senja – Lithuania.

Tentunya prestasi ini dapat diraih berkat kegigihan dan semangat para penyanyi, pengurus, dan dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Menjadi Juara Utama serta mendapatkan Grand Prize dalam Consorco Corale Internazionale Christmas Inside Rome 2020 merupakan anugerah yang luar biasa untuk saya dan Jakarta Youth Choir (JYC) dalam penghujung tahun 2020. Kemenangan ini merupakan bukti nyata bahwa JYC mampu menyesuaikan diri bahkan terus berkarya dan meraih prestasi dalam keterbatasan selama pandemic Covid-19 yang masih terjadi. Seperti motto kami  “We Sing For The City & The Country”, demikianlah semangat kami yang tak akan lekang oleh waktu dan keterbatasan demi berkontribusi dan berprestasi untuk terus mengharumkan Jakarta dan Indonesia. Semoga kami bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk pemuda-pemudi Indonesia dalam berkarya untuk nusa dan bangsa.”, tutur Septo selaku Founder & Chorimaster JYC

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi tinggi prestasi JYC, “Ini adalah bukti kerja keras, kolaborasi pemuda-pemudi berprestasi di Jakarta. Kami akan terus mendukung Jakarta Youth Choir untuk meraih puncak-puncak baru. Semoga @jktyouthchoir terus menjadi tamu yang memesona di negeri orang dan tuan rumah yang hebat di negeri sendiri.”

Lomba ini diselenggarakan pada 19 sampai dengan 20 Desember 2020 secara virtual yang diikuti oleh 40 paduan suara dari 14 negara: Italia, Rusia, Polandia, Hungaria, Colombia, Kuba, Ukraina, Belarus, Perancis, Belgia, Jerman, Bulgaria, Slovakia, dan Indonesia

“Harapan kami adalah semoga di tahun 2021 ini pandemi segera berakhir, dan kondisi di seluruh dunia kembali kondusif, sehingga JYC bisa kembali berlomba secara langsung dengan aman dan dapat kembali menyumbangkan piala-piala baru untuk kota dan negeri tercinta.” Pungkas Riris selaku Ketua JYC periode 2020-2021

Terima kasih atas semua dukungan dan doa sehingga Jakarta Youth Choir bisa memberikan yang terbaik untuk Jakarta dan Indonesia.